5 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 06:41 | Dibaca : 38 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 26 Juli 2018 07:18
Makanan Peningkat Sistem Imun Makanan Peningkat Sistem Imun

Setiap manusia memiliki sistem imun, yang merupakan pertahanan pertama untuk melawan berbagai kuman berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, jika Anda tidak ingin sakit, salah satu cara yang harus dilakukan adalah memperkuat sistem imun tubuh.


Hal ini dibenarkan oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter. Menurutnya, sistem imun tubuh adalah hal penting yang harus dijaga, agar penyakit akibat serangan kuman berbahaya tidak terjadi kemudian.

Ada banyak cara untuk meningkatkan sistem imun, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang tepat. Dilansir dari TIME, berikut ini adalah 5 makanan yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda:

  1. Lemon

Lemon kaya akan senyawa bio-flavonoid yang membunuh radikal bebas penyebab kanker. Buah ini juga tinggi kandungan vitamin C yang sanggup memenuhi setengah dari kebutuhan harian Anda. Kedua kombinasi zat gizi tersebut terbukti ampuh mengusir kuman penyebab penyakit.

Anda bisa mengonsumsi lemon dengan berbagai cara, misalnya diperas lalu dicampur dengan air, dan disajikan dingin maupun hangat. Anda juga bisa menjadikan perasan lemon tersebut sebagai penyedap makanan, seperti untuk sup.

  1. Apel

Apel kaya serat, dan dapat membantu mengurangi peradangan selama infeksi. Buah yang satu ini juga mampu memberikan efek kenyang yang maksimal saat dikonsumsi.

Untuk mengubah apel menjadi camilan yang lebih berenergi, konsumsilah satu iris buah apel bersama sesendok kacang atau mentega almon. Ingatlah untuk mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi.

  1. Sup ayam

Sup ayam membantu meredakan gejala pilek. Ini karena kaldu hangat diduga memiliki kemampuan untuk melumerkan lendir yang menggumpal hidung, sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah.

Agar lebih bergizi dan sehat, pastikan sup ayam yang Anda konsumsi sudah ditambahkan wortel, bawang, dan rempah-rempah segar saat proses pengolahannya. Sup semacam ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat masih hangat.

  1. Bawang putih

Kandungan bawang putih dipercaya ampuh menepis enzim yang terlibat dalam proses infeksi. Bahkan, mengunyah bawang putih diyakini mampu menangkal keluhan “masuk angin”.

 

Tak hanya itu, bawang putih juga diketahui dapat menurunkan risiko kanker perut, kolon dan esofagus. Demi meningkatkan rasa dan manfaatnya, tambahkan bawang putih ke bumbu, sayuran panggang, atau semangkuk gandum.

  1. Jahe

Selain direkomendasikan untuk mengobati mual, jahe memiliki sifat anti-peradangan dan tinggi antioksidan. Tumbuhan herbal yang satu ini juga terbukti memiliki senyawa penunjang sistem imun seperti beta-karoten dan capsaicin.

Sebuah kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe memiliki efek menguntungkan untuk mengobati penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, jahe bisa Anda olah bersama tumisan atau dicampurkan langsung pada secangkir teh hangat.

Mana di antara kelima makanan tersebut yang menjadi favorit Anda? Agar manfaatnya dalam meningkatkan sistem imun tubuh lebih terasa, pastikan Anda mengombinasikan konsumsinya dengan tips dari dr. Alvin berikut ini:

  • Olahraga teratur

Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, sistem imun tubuh juga akan menjadi lebih kuat. Lakukan olahraga yang menjadi kegemaran Anda secara rutin, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari aktivitas fisik ini.

  • Hindari stres

Stres fisik dan psikis (mental) bisa menyebabkan penurunan sistem imun, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Menurut dr.Alvin, stress bahkan juga sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung. Oleh karenanya, Anda perlu mengelola stres dengan sebaik mungkin.

  • Imunisasi

Imunisasi merupakan cara yang ampuh dalam mempersiapkan sistem imun tubuh. Salah satu metode imunisasi yang sering dilakukan adalah berupa vaksinasi.

“Vaksinasi sudah terbukti dapat menurunkan kejadian berbagai penyakit mematikan. Berbagai contoh vaksinasi yang tersedia adalah vaksinasi hepatitis B, influenza, dan vaksin typhoid,” tutur dr. Alvin.

Nah, agar sistem tubuh Anda tetap terjaga secara optimal, jangan sampai lengah dan membiarkan kuman berbahaya mengancam kesehatan Anda. Tingkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan di atas. Jangan lupa juga untuk menerapkan segala tips pola hidup sehat di atas, ya!

Sumber: klikdokter

Elisabeth Matilda Ritan

Lahir di Waiwerang Adonara bekerja sebagai staf penyuluh kesehatan masyarakat di Puskesmas Oepoi sejak tahun 2010

puskoep.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.